for better life Headline Animator

Saturday, 29 June 2013

KH Yusuf Mansur: Sedekah, Investasi Dunia Akhirat

Ustazd Yusuf Mansur

Ada banyak fungsi dan peran vital dari sedekah dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sedekah, kata pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Daarul Qur’an, Ketapang, Cipondoh, Tangerang, KH Yusuf Mansur, adalah kebutuhan pokok tiap manusia.

Di level sosial, sedekah mengikis kesenjangan antara yang miskin dan kaya. “Sedekah mendekatkan hati mereka,” katanya. Berikut perbincangan lengkap pencetus Wisata Hati itu kepada wartawan Republika Nashih Nashrullah seputar sedekah.

Apa hakikat dan urgensi sedekah?
Sedekah hakikatnya adalah kebutuhan pokok setiap manusia sebagaimana sandang, papan, pangan. Sebab, sedekah adalah investasi dunia dan akhirat. Namun, balasan dunia-akhirat hanya diberikan kepada Muslim. Begitu banyaknya fungsi dan ganjaran sedekah bagi ahli sedekah,

Selain itu, sedekah jelas penting bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Meringankan beban kaum dhuafa yang makin berat dengan kenaikan harga BBM, mendekatkan hati kaum kaya dan miskin ketika kesenjangan sosial yang makin lebar.

Langkah itu sudah kita tempuh dengan menghidupkan kerja sama yang produktif.  Seperti, lewat program Sedekah Sawah yang sudah panen perdana sayuran dan padi organik enam hektare di Kadudampit Sukabumi, Jawa Barat. Targetnya dapat mencetak satu juta ha sawah.

Sejauh mana potensi sedekah menurut Anda?
Alhamdulillah, bangsa kita termasuk bangsa yang gemar bersedekah. Potensi sedekah sangat luar biasa besarnya. Sebab, sedekah selain ada yang wajib dan terbatas, juga ada sedekah sunah yang tidak terbatas. Jadi, jika potensi zakat (sedekah wajib) cuma sekian triliun rupiah setahun, potensi sedekah lebih besar lagi.

Jangan takut kehabisan orang yang layak menerima sedekah sebagaimana pada zaman Khalifah Umar bin Abdul Aziz.  Sehingga, dengan kekuatan sedekah, kita dapat mencoba bangkit dan mandiri.

Bagaimana menumbuhkan kesadaran bersedekah?
Kita pakai cara tabsyir, yaitu menebarkan kabar gembira dari Allah SWT dan Rasulullah SAW tentang ganjaran dan kedahsyatan sedekah. Misalnya, dengan sedekah, Allah akan menambah rezeki yang banyak, halal dan berkah, menyembuhkan penyakit, memanjangkan umur, mendorong terkabulnya doa dan harapan, menolak bala, dan lain sebagainya.

Hal ini kita sampaikan melalui testimoni para pelaku sedekah yang sudah membuktikan kedahsyatan sedekah. Buku kumpulan testimoni sedekah sudah diterbitkan PPPA Daarul Qur’an sebanyak dua jilid. Silakan dirujuk.

Apa cita-cita dari kampanye sedekah Anda?
Kita punya dream, punya mimpi, untuk mencetak kader pemimpin bangsa di segala bidang yang hafal Alquran, cita-cita ini kita kembangkan melalui Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an yang kita dirikan di beberapa daerah. Yang kedua, kita sedang mengembangkan sedekah produktif, seperti program Sedekah Sawah tadi itu. Dan, masih banyak program produktif unggulan lainnya.

Dua hal tersebut, mudah-mudahan membuat publik semakin percaya akan kedahsyatan sedekah dan menjadikan sedekah sebagai kebutuhan pokok mereka.



sumber:www.REPUBLIKA.CO.ID,